Wednesday, March 16, 2011

Melindungi file exe dari sality

Akhirnya setelah lama dan senggan  dari posting posting dib log karena bener bener gak ada pokok pikiran yang mau diposting, kemarin saya menemukan teknik ini untuk melindungi sebuah file exe dari terjangan sality. File exe yang telah terkena sality biasanya memiliki ciri ciri sebagai berikut:

-         tidak dapat dibuka

-         menghabiskan banyak proses saat dibuka

-         bikin hang

-         buat kesel pengguna soalnya bolak balik install softwarenya

Telah kita ketahui bahwa sality adalah antivirus buatan luar yang menginfeksi file-file .exe dan .com. sedikit cerita, saya pernah diberitahu oleh seorang guru teknik saya bahwa sality itu hanya menginfeksi exe dan com saja. Kemudian saya bertanya, kalau gitu kalo seandainya ekstensinya saya rubah gimana?, jawabnya file itu tidak akan bisa terinfeksi oleh sality.

Sebelumnya saya telah memikirkan bila aplikasi itu akan terlindung bila hanya dikompres. Namun hal itu sangat tidak praktis, apalagi versus ama kompi/lepi yang baru di install ulang dan tidak punya extractor. Nah… tadi malam saya nemu inspirasi diblog seseorang ternyata apabila extensi exe yang diubah menjadi .bat atau .cmd masih dapat digunakan (eksekusi) dan cara itu saya praktekkan di CorelDraw (maklum, sering kena sality tuh corel) dan hasilnya berhasil.

Nah… kesimpulannya virus sality menyerang file executable. Jadi bila kita merename extensi exe menjadi bat, jadi ya ngaak akan ada masalah. Hehehe…

Artikel Terkait:

  • Share this
  • Sumbit to Digg
  • Sumbit to StumbleUpon
  • Sumbit to Delicious
  • Sumbit to Technorati
  • Sumbit to Reddit
  • Sumbit to Mixx
  • Sumbit to Twitter
  • Sumbit to Furl
  • Sumbit to Design Float
  • Sumbit to Blinklist
  • Sumbit to Yahoo Buzz
  • Sumbit to Google Bookmarks

0 comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, tapi jangan nyepam . . . .