Wednesday, April 13, 2011

Crossflash K800i CID52 RED ke K810i dengan XS++ 1.6.8 Beta


Beberapa hari yang lalu saya membuat tutorial cara crossflash k750i ke w800i untuk CID36 RED dengan bantuan GFlash, hari ini saya akan membuat tutorial crossflash K800i ke K810i dengan XS++ 1.6.8 Beta. Cool Mengapa? karena baru kemarin malam saya melakukan crossflash k800i adik saya ke k810i. Blushing Tutorial ini saya buat berdasarkan tutorial yang saya baca di sense.net yang dibuat oleh verszipo. Dia membuat tutorial dalam 2 versi, yaitu dengan menggunakan SETool Lite 2 dan yang menggunakan XS++ 1.6.8 Beta. Berhubung metode yang saya gunakan semalam adalah yang dengan XS++ 1.6.8 Beta, maka sekarang saya akan membuat tutorial metode yang ini terlebih dahulu. Lain kali baru saya buat tutorial yang menggunakan SETool Lite 2

Fitur baru apa yang akan kita dapatkan setelah crossflash ke K810i?
Semua fitur yang ada di K810i tentunya, yaitu semua fitur k800i + Photo Fix (untuk memperbaiki kualitas foto yang kurang baik [misal terlalu gelap, dll] langsung setelah foto dijepret dengan kamera) dan Track ID (untuk merekam beberapa detik sample musik dari radio internal hp atau dari luar, kemudian secara otomatis dikirimkan melalui GPRS / 3G untuk diverifikasi artist, judul lagu, serta nama albumnya)

Cuma itu aja? Gak worthy donk?
So far sih cuma itu aja yang saya tau. Ga bisa explore terlalu dalam karena hp nya punya adik saya. Big Grin

Kalo buat saya sih menyenangkan bisa modding HP untuk mendapatkan fitur yang ga ada di firmware bawaannya, meskipun terdengar ga worthy. Anyway, this is a modding corner huh? Smug

Ok ok… Apa-apa aja yang dibutuhkan bro?
HP K800i CID52 RED, kabel USB bawaan waktu beli (DCU-60), XS++ 1.6.8 Beta, file MAIN K810i R1KG001 Generic / China (untuk APAC aslinya menggunakan MAIN versi China), file FS K810i R1KG001 APAC (mirror link), Customization Pack (mirror link) yang sudah saya modifikasi sedikit agar support semua bahasa (termasuk bahasa Indonesia) Party, PC atau notebook dengan OS windows XP, keberanian, ketelitian, dan kesabaran. Yang 3 terakhir saya sebutkan adalah yang paling penting! Winking

Sedikit catatan, sebelumnya hp k800i adik saya masih menggunakan firmware lama R1GJ yang masih menggunakan CID51. Ketika saya coba flash dengan XS++ maupun dengan SETool Lite, dua-duanya gagal sejak awal proses flash. Karena hp masih menggunakan CID51 sedangkan firmware yang akan digunakan sudah CID52. Setelah saya update firmware k800i adik saya ke R1KG001, saya coba lagi, langsung lancar proses flashingnya. Jadi pastikan k800i sudah diupdate ke versi R1KG001 terlebih dahulu sebelum mengikuti tutorial ini.

Langkah-langkahnya :

  1. Install USB Flash Driver jika belum pernah diinstall ke PC atau notebook.

  2. Backup semua data dengan My Phone Explorer karena semua data di Phone Memory akan hilang setelah proses crossflash.

  3. Pastikan baterai dalam keadaan penuh (disarankan minimal 80%)

  4. Extract file MAIN dan FS jika masih dalam format .RAR ke folder yang mudah diingat (misal : C: )

  5. Extract file Custom Pack yang sudah saya modifikasi sedikit ke folder folder XS++ 1.6.8files_to_upload (misal XS++ nya ada di C:XS, maka extract custom pack ke folder C:XSfiles_to_upload sehingga susunan folder akan tampak seperti gambar berikut.

  6. Matikan hp jika sebelumnya masih dalam keadaan ON

  7. Jika sudah, jalankan XS++ 1.6.8 Beta

  8. Click tombol Connect

  9. Tekan dan tahan tombol C pada hp, kemudian colokkan ke kabel USB

  10. Jika XS++ sudah mendeteksi hp, maka tombol C boleh dilepas

  11. Click pada optionbutton Settings, pilih BreakXS

  12. Click pada optionbutton Flash

  13. Beri tanda centang pada pilihan Flash Main Firmware dan browse ke file MAIN dan FS k810i R1KG001 dengan tombol … di sampingnya

  14. Beri tanda centang pada pilihan Flash File System dan browse ke file FS dan FS k810i R1KG001 dengan tombol … di sampingnya

  15. Beri tanda centang pada pilihan Customize File System

  16. Pada Select phone model, pilih K800i

  17. Pada Select CDA and region, pilih APAC

  18. Kemudian click tombol Flash

  19. Tunggu sampai XS++ menampilkan pesan seperti berikut :
    12:22:23| Done uploading
    12:22:23| ++ Sending shutdown command to phone
    12:22:23| ++ Customising was SUCCESSFUL!
    12:22:23| ++ Disconnecting phone...
    12:22:23| ++ You may now unplug your phone.
    12:22:23| ++ Flashing was successful

  20. Lepaskan hp dari kabel USB, keluarkan baterai, dan masukkan lagi (Time out jangan dinyalakan dulu!) Phbbbttt

  21. Click pada optionbutton Settings

  22. Click tombol Connect

  23. Tekan dan tahan tombol C pada hp, kemudian colokkan ke kabel USB

  24. Jika XS++ sudah mendeteksi hp, maka tombol C boleh dilepas

  25. Pastikan optionbutton BreakXS sudah dipilih

  26. Click pada optionbutton FSX

  27. Click tombol Start FSX, tunggu sampai proses selesai.

  28. Lepaskan hp dari kabel USB, keluarkan baterai, masukkan kembali, tekan tombol power untuk mulai menikmati K810i baru kita… Drooling Love Struck


Karena k800i kita sudah menjadi k810i, maka PC pun akan mengenali hp kita sebagai k810i. Oleh karena itu kita harus menginstall driver-driver k810i (mirror link) pada PC atau notebook agar k810i bisa digunakan untuk modem, backup data, dan lain-lain…

Semoga berhasil!

Artikel Terkait:

  • Share this
  • Sumbit to Digg
  • Sumbit to StumbleUpon
  • Sumbit to Delicious
  • Sumbit to Technorati
  • Sumbit to Reddit
  • Sumbit to Mixx
  • Sumbit to Twitter
  • Sumbit to Furl
  • Sumbit to Design Float
  • Sumbit to Blinklist
  • Sumbit to Yahoo Buzz
  • Sumbit to Google Bookmarks

0 comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, tapi jangan nyepam . . . .